GURU-GURU HEBAT!

 

             Berbicara tentang guru favorit, aku selalu mengusahakan agar menyukai setiap guru yang mengajar bidang studi yang berbeda. Karena aku percaya, apabila kita menuntut ilmu dan mencoba memaksimalkan apapun yang kita pelajari pasti Allah akan permudahkan bagi kita untuk memahaminya. Saya pikir setiap pelajaran itu tidak ada yang sulit jika kita mau belajar dan biasa mempelajarinya, walau sepenuhnya kita tidak benar-benar memahami pelajaran tersebut tapi setidaknya kita mendapatkan ilmunya walau hanya sedikit, dibandingkan dengan orang yang sama sekali tidak mau memulai untuk mempelajarinya.

         My story... sedari SD aku sudah mulai menyukai pelajaran matematika. Awal mulanya yaitu aku meminta diajari cara membagi bilangan puluhan oleh teman dekatku, karena dia bersedia untuk mengajarkan caranya maka pada saat itu hingga sekarang ini aku selalu ingat caranya. Mulai dari itu aku tertarik dengan matematika atau apapun pelajaran yang mirip-mirip dengan matematika yaitu seperti fisika, akuntansi dan lainnya. 

       Di bangku MTS guru favoritku yaitu bernama buk Miswati, beliau selalu membuatku kagum akan bakat-bakat yang ada didalam dirinya. Batinku berkata "kok bisa ada orang seperti beliau ya? Bisa menguasai apapun. Hal-hal yang beliau kuasai saat itu adalah menjadi seorang guru bidang studi SBD (seni budaya), Fisika, dan ahli membuat dan menghias cake. Pada saat itu aku juga berminat dengan kesenian yaitu "Tari", Beliau juga lah yang melatih kami supaya kompak dan selaras dalam menari. Jadi pada masa itu kamipun sering dipanggil untuk nari di berbagai pesta pernikahan, seingat saya kami tampil di pesta pernikahan kurang lebih 3 kali, tampil di perpisahan sekolah 1 kali, dan juga membawakan tari persembahan di pembukaan MTQ tingkat Kecamatan. Dulu sewaktu MTS aku selalu mencoba hal-hal baru dari mulai mengikuti Paskibra, Pramuka, PBB (pelatihan baris berbaris) dan tari, dan itu semua buk Miswati yang menjadi pembimbingnya. Maka dari itu kekaguman ku kepadanya semakin besar dan beliaulah salah satu guru terfavoritku.

    Pada masa MAN kesukaanku terhadap pelajaran-pelajaran berhitung semakin berlanjut, yang mana sesuai dengan jurusanku pada saat itu (IPA). Dengan buk Musnelly yaitu wali kelasku yang juga mengampu bidang studi Matematika Wajib, apapun pelajaran favoritku selalu ku usahakan agar nilaiku selalu tinggi. Dipelajaran Matematika menurutku itu sangat menantang terlebih lagi jika mengerjakan soal-soal yang sulit, aku tidak akan menyerah sebelum mendapatkan hasilnya. Kuakui aku terlalu ambisius untuk selalu mendapatkan nilai tinggi dipelajaran favoritku. Buk Musnelly masih menjadi guru terfavorit yang selalu kurindukan. Bertemu pelajaran baru dikelas 12, ekonomi (akuntansi) menjadi pelajaran baru favoritku, gurunya juga menjadi favoritku walau beliau terlihat agak garang tapi sebenarnya aku menyukai guru yang seperti itu, karena setiap tugas, ulangan bahkan ujian beliau selalu berkeliling ke bangku-bangku siswa agar melihat siswanya tidak ada yang curang ataupun menyontek. Debit, kredit, debit, kredit sampai terngiang-ngiang di kepalaku waktu itu karena dalam akuntansi jurnal umum ataupun buku besar menggunakan rumus-rumus tertentu apalagi pendapatan bertambah terletak di kredit dan apabila berkurang terletak di debit. Keseruan lainnya adalah terletak disaat kita menghitung jumlah keseluruhan uang, maka harus balance antara saldo yang terletak di kredit dan di debit. Maka apabila terjadi kesalahan peletakan uang baik di kredit ataupun di debit, maka akan berpengaruh di jumlah saldo akhir nantinya, terlihat pusing tapi seru jika mengerjakan nya. 

      Sekian cerita tentang guru terfavorit dari SD, MTs hingga ke MAN. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

          

      

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Pendidikan Akhlak sejak Usia Dini

Tajamnya Lisan, Lukanya tak Terobati